Senin, 23 Maret 2009

JENIS-JENIS KERTAS

Beraneka ragam jenis kertas yang dijumpai dalam kehidupan kita sehari-hari pada prinsipnya dikelompokkan ke dalam dua kelompok besar yaitu kertas budaya dan kertas industri. Beberapa literature menambahkan satu kelompok lagi, yaitu kertas khusus (specialty papers) untuk jenis-jenis kertas dengan kekhususan tertentu baik dalam hal sifatnya maupun proses pembuatannya.

Kertas budaya adalah jenis-jenis kertas yang berhubungan dengan pelaksanaan kebudayaan manusia, misalnya untuk keperluan tulis dan cetak. Adakalanya kelompok jenis kertas ini dikenal dengan nama kertas tulis-cetak (printing and writing papers). Kertas-kertas yang termasuk ke dalam kelompok ini diantaranya adalah kertas HVS atau kertas tulis, kertas HVO atau kertas cetak, kertas koran, kertas fotokopi, kertas duplicator, kertas majalah, kertas bible atau kertas corona, kertas buku tulis sekolah, kulit buku tulid, kertas ijazah dan masih banyak lagi. Kelompok jenis kertas ini pada dasarnya dipergunakan untuk berbagai urusan tulis-menulis dan percetakan dalam rangka penyimpanan informasi (arsip) atau penyebaran informasi.

Kertas industri merupakan kelompok jenis kertas yang berhubungan dengan proses produksi di berbagai industri, baik yang dipergunakan sebagai salah satu bahan baku pada proses produksi atau digunakan sebagai bahan pendukung proses di industri, misalnya untuk keperluan pengemasan produk. Jenis kertas yang termasuk kedalam kelompok ini diantaranya adalah kertas lainer yang digunakan sebagai pelapis pada karton gelompang; kertas medium sebagai bagian bergelombang pada karton gelombang; kertas pembungkus (wrapping paper), kertas kantong semen (sack kraft paper), karton dupleks bersalut (coated duplex board), kertas payung atau samson kraft, berbagai jenis kertas tisu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebagaimana telah disebutkan di atas, kelompok yang ketiga adalah kelompok kertas khusus yang merupakan kelompok jenis kertas baik kertas budaya maupun kertas industri yang memiliki kekhususan-kekhususan tertentu. Dalam kelompok jenis kertas ini termasuk jenis kertas sekuritas (security papers) yaitu jenis kertas khusus dengan pemberian fitur-fitur pengaman tertentu agar kertas tidak mudah dipalsukan. Biasanya jenis yang terakhir ini digunakan untuk keperluan pembuatan produk-produk kertas berharga seperti kertas uang (curency papers), kertas cek (bank note papers), dan kertas perangko.

Sifat kekhususan pada kertas khusus bisa bersumber dari bahan baku yang digunakan, seperti halnya kertas uang yang dibuat dari serat kapas; atau khusus dalam hal proses pembuatan kertasnya seperti kertas sigaret dengan kekhususan dalam proses penggilingan serat yang digunakan sebagai bahan baku; bisa juga dari bahan kimia aditif yang digunakan seperti kertas sigaret agar mudah terbakar ditambahkan bahan kimia tertentu; atau kekhususan pengaman seperti pemberian tanda air (water mark) pada kertas uang dan kertas sigaret. Dan tentunya masih banyak lagi kekhususan-kekhususan yang terdapat pada berbagai jenis kertas khusus lainnya seperti kertas gkassin, kertas tahan minyak, kertas tanpa karbon (no-carbon required papers), kertas thermal (thermal papers).
Ternyata banyak juga jenis kertas yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari kita. Silakan Anda buat daftar, jenis kertas apa saja yang Anda sudah gunakan selama ini!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar